POTRET KEGIATAN PROGRAM BERMUTU

POTRET KEGIATAN MKPS

Jumat, 15 Oktober 2010

LAPORAN ME KESIAPAN DBL PROGRAM BERMUTU

KATA PENGANTAR
Untuk menciptakan sistem pengelolaan yang terarah dan memiliki akuntabilitas publik perlu diterapkan sistem Monitoring dan Evaluasi (M&E) yang relevan, sahih, ajeg, obyektif, dan praktis. Dengan system M&E yang berkualitas diharapkan dapat diperoleh data dan informasi yang sistemtis dan objektif untuk penyelenggaraan program BERMUTU khususnya yang terkait dengan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Berdasarkan data dan informasi yang berkualitas tersebut dapat dilakukan koreksi dan berbagai perbaikan berkesinambungan sehingga pencapaian tujuan dapat diraih dengan efektif dan efisien.

Setelah melaksanakan M&E Kesiapan Institusi pelaksana Program BERMUTU selama 3 (tga) hari dengan cara mengisi instrument M&E, studi dokumen. Observasi dan wawancara, maka disusun “Laporan Pelaksanaan Kesiapan Pelaksanaan Program BERMUTU dan DBL”. Data dan informasi yang diperoleh diharapkan dapat mendeteksi permasalahan yang muncul atau diprediksi dapat menghambat Program BERMUTU, sehingga solusinya dapat segera diperoleh dan Program BERMUTU dapat berjalan dengan sistematis, efektif dan efisien.

Mengingat pentingnya data dan informasi yang didapat dari hasil M&E kesiapan lembaga dalam mendukung terselenggaranya Program BERMUTU secara berkualitas, maka kepada semua pihak yang terlibat disampaikan terima kasih yang tak hingga atas bantuan dan kerjasamanya yang sangat berharga.

Kiranya dalam menyelenggarakan kegiatan ini kita semua memperoleh lindungan, bimbingan, dan bantuan dari Allah swt. Amien.

16 Juli 2009
Petugas M&E

Drs. SULISTYANINGSIH

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR... i
DAFTAR ISI .... iii

BAB I PENDAHULUAN....
A. Latar Belakang .... 1
B. Dasar Hukum .... 2
C. Tujuan .... 3
D. Hasil yang diharapkan .... 3
E. Sasaran .... 4
F. Manfaat .... 4
G. Alur Kegiatan....


BAB II PELAKSANAAN
A. Waktu, Tempat, dan Jadwal .... 6
B. Metode .... 7
C. Petugas.... 7
D. Pendanaan .... 8

BAB III. HASIL M&E KESIAPAN PENERIMAAN
DBL DAN PROGRAM BERMUTU.... 9
A. Jurnal Kegiatan .... 10
B. Hasil Dan Pembahasan.... 12
C. Kesiapan Institusi .... 15

BAB III PENUTUP, KESIMPULAN DAN SARAN 17
A. Penutup .... 19
B. Kesimpulan.... 20
C. Saran .... 21
LAMPIRAN :
1. Dokumen ADRT
2. sk Pendirian MKPS
3. Rekening Bank
4. Susunan Kepengurusan








BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam rangka peningkatan kualifikasi dan penerapan sertifikasi guru sesuai Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pemerintah Indonesia beserta Pemerintah Belanda dan Bank Dunia menyepakati untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan program BERMUTU atau Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading. Sejatinya tujuan Program ini difokuskan pada upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru yang secara langsung dikaitkan dengan peningkatan mutu pembelajaran di kelas.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, kegiatan program dirancang dan dikelompokkan ke dalam 4 (empat) Komponen yaitu (1) Reformasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), (2) Penguatan struktur pengembangan guru di tingkat lokal, (3) Mereformasi akuntabilitas guru dan system insentif untuk penilaian kinerja dan pengembangan karir, (4) Meningkatkan koordinasi, pemantauan dan evaluasi program.

Pelaksanaan kegiatan empat komponen tersebut harus dimonitor dan dievaluasi secara sistematis. Hal-hal yang dimonitor dan dievaluasi adalah berbagai aspek dan tahapan penyelenggraan Program BERMUTU termasuk kesiapan 28 Satker dan 75 Kabupaten/ Kota dalam menerima DBL (Dana Bantuan Langsung).
B. Dasar Hukum
1. Financing Agreement FA Credit 4349 IND tanggal 7 November 2007 NR 10759501 tanggal 5 Desember 2007 tentang IDA Financing 4349-IND/IBRD 7476-IND (Better Education through Reformed and Universal Teacher Upgrading Project – BERMUTU) Additional Instructions: Disbursement Letter;
2. Loan Agreement Ln 7476 IND tanggal 7 November 2007 NR 10760201 tanggal 5 Desember 2007 tentang IDA Financing 4349-IND/IBRD 7476-IND (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Project – BERMUTU) Additional Instructions: Disbursement Letter;
3. Grant Agreement Nr. TF090794 tanggal 7 November 2007 NR 70738801 tanggal 5 Desember tentang Nethrelands Trust Fund for the Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Project Grant Agreement (TF090794);
4. Minute of Negotiation BERMUTU tanggal 23 Mei 2007;
5. Project Appraisal Document on Proposed Loan In the Amount of US$ 24,5 Million and Proposed Credit in The Amount of SDR 40.33 Million (US$ 61.5 Million Equivalent) to The Republic of Indonesia for Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Project (BERMUTU) No. 39299-ID tanggal 30 mei 2007;
6. Project Operation Manual Program BERMUTU.

C. Tujuan
1. Memantau kesiapan lembaga dan KKG/MGMP, KKKS/MKPS dalam pelaksanaan Program BERMUTU.
2. Memantau kesiapan lembaga serta KKG/MGMP, KKKS/MKPS dalam menerima fasilitas DBL.

D. Hasil Yang Diharapkan
1. Memperoleh data dan informasi dari institusi yang mengembangkan dan melaksanakan Program BERMUTU.
2. Terditeksinya kesiapan institusi pelaksana program BERMUTU dalam meneriam DBL.
3. Terdeteksinya berbagai permasalahan yang dapat menghambat kelancaran pelaksaaan DBL sehingga dapat dicari solusi yang cepat dan akurat sehingga menjamin kelancaran DBL Program BERMUTU.


E. Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah MKPS Kabupaten Batang yang mengembangkan dan melaksanakan Program BERMUTU.

F. Manfaat
Seluruh institusi pengembang dan pelaksana Program BERMUTU lebih siap dalam memfasilitasi DBL dan kegiatan-kegiatan yang ada dalam KKG dan MGMP, KKKS, MKKS, KKPS, dan MKPS. Sehingga dapat meningkatkan kinerja para guru yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

G. Alur Kegiatan
Kegiatan dilakukan secara bertahap terdiri dari 4 (empat) sub-kegiatan yang saling terkait dengan alur seperti digambarkan di bawah ini.

















Gambar 1: Alur Kegiatan M&E








BAB II
PELAKSANAAN

A. Waktu Dan Tempat
Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 13 Juli Sampai tanggal …15 Juli di MKPS Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

B. Metoda
Pelaksanaan M&E diselenggarakan dengan menggunakan metoda sebagai berikut:
a. Pengisian instrumen
b. Wawancara
c. Observasi, dan
d. Studi dokumen

C. Petugas M&E
Dalam kegiatan M&E petugasnya adalah Dra. Sulistyaningsih dari Korwas Kabupaten Batang.

D. Responden
Responden pada kegiatan M&E ini adalah
1. Dra. Sulistyaningsih dari institusi Ketua MKPS
2. Drs. Setiyono, MM dari intitusi Sekretaris MKPS
3. Sri Wahyuni, S.Pd. dari institusi bendahara MKPS
4. Dra. Sri Lestari Rahayu dari institusi anggota MKPS.

E. Pendanaan
Dana yang diperlukan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan ini dibebankan kepada DIPA Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan, Direktorat Jenderal peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2009.




BAB III
HASIL M&E DAN PEMBAHASAN

A. Jurnal Kegiatan M&E.
Pelaksanaan M&E di NKPS secara terperinci diuraikan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Jurnal Kegiatan M&E
No Tgl. Kegiatan Hasil
1 Kegiatan awal Responden yang hadir adalah 4 orang
2 14 Juli 2009 Pelaksanaan ME
08.00-09.00
09.00-10.00

10.00-11.00

11.00-12.00





12.00-13.00 Pengisian Instrumen:

Menuju MKPS
Melakukan wawancara dengan pengurus dan anggota
Memeriksa (Observasi) kelengkapan fasilitas yang dimiliki
Studi Dokumen tentang :
Susunan pengurus
SK Pengangkatan
Laporan Kegiatan
ADART
Rekening Bank
Istirahat
Mempersiapkan layanan klinis
3 13.00-16.00 Temu akhir dihadiri oleh 4 orang
Melakukan layanan klinis
Menyiapkan laporan














B. Hasil M&E di MKPS
Hasil pelaksanaan M&E di MKPS dapat dilihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Hasil Pelaksanaan ME di MKPS
No Kegiatan Hasil M&E Penjelasan Rekomendasi
Petugas M&E Tindak Lanjut
Kelompok Kerja
1 Kegaitan awal Responden yang hadir adalah 4 orang, 2 orang pengurus dan 2 orang anggota
2 Pelaksanaan ME Hasil Pengisian Instrumen:

Komponen Pemahaman sosialisasi
kesiapan 100%

Komponen Organisasi Kesiapan 100%
Komponen Proposal DBL
Kesiapan 67%

Komponen Kegiatan MKPS
kesiapan 67%















3 Temu Akhir Hasil M&E pada MKPS untuk komponen Pemahaman Sosialisasi kesiapannya 100%, komponen Organisasi kesiapannya 100%, komponen Proposal DBL kesiapanya 67%
Dan Komponen kegiatan MKPS kesiapannya 67%
















C. Kesiapan M&E MKPS di Kabupaten Batang
Berdasarkan hasil pengisian instrument, studi dokumen, wawancara dan observasi, institusi MKPS Kabupaten Batang siap 83,50% untuk melaksanakan Program BERMUTU dan penerimaan DBL.

Kesiapan komponen pemahaman sosialisasi adalah 100%, komponen organisasi adalah 100%, komponen komponen DBL adalah 67%, komponen kegiatan MKPS adalah 67%

Kesiapan institusi MKPS adalah 83,50%































BAB IV.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengisian instrument, studi dokumen , wawancara dan observasi institusi MKPS telah 83,50% siap dalam melaksanakan Program BERMUTU dan penerimaaan DBL. Komponen 1 tentang Pemahaman sosialisasi kesiapan 100%, komponen 2 tentang organisasi kesiapan 100%, komponen 3 tentang Proposal DBL kesiapan 67% dan Komponen 4 tentang kegiatan MKPS kesiapan 67%.

Institusi MKPS telah siap melaksanankan Program BERMUTU dan penerimaan DBL 83,50% .


B. Saran
Hal yang perlu ditindaklanjuti adalah ----,---- dan ----(berdasarkan hasil M&E di BAB III)



















LAMPIRAN

1. Dokumen ….
2. Dokumen ….
3. Dokumen….
4. Foto kegiatan hari 1,2,…dst.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar